Cara Menghitung Gir Ratio New CB150R Facelift


Halo masbro, kali ini saya ingin membahas bagaimana caranya menghitung gear ratio untuk motor New CB150R Facelift.

CB150R Facelift sendiri merupakan motor sport naked dengan kubikasi mesin sebesar 150 cc atau lebih tepatnya adalah sebesar 149.16 cc. Mesin yang digunakan pun merupakan mesin 4 langkah DOHC 4 katup berpendingin cairan dengan kipas otomatis.

Dalam mengubah ukuran gear motor termasuk untuk urusan top speed atau akselerasi, akan ada satu acuan yang sering dipegang. Acuan tersebut sendiri tidak lepas dari aspek ukuran gear standar dari motor kita.

Perlu digaris bawahi untuk motor yang saya gunakan adalah CB150R tahun 2018. So, berikut acuan untuk memilih ukuran gear yang cocok.

Gunakan Metode 1 Banding 3

Untuk mengubah ukuran gear sebaiknya menggunakan metode 1 banding 3. Untuk ukuran gear standart cb150r facelift adalah 15 untuk gear depan dan 46 untuk gear belakang.

Jika mas bro mau sangar diputaran bawahnya gir belakang bisa dinaikan 3 mata yang artinya menjadi 49. Misal sulit untuk cari gear belakang ukuran 49, mas bro bisa menurunkan ukuran gear depan 1 mata menjadi 14.

Adapun cara menghitung final gear ratio sebagai berikut:

Ukuran gear belakang : Ukuran gear depan

Contoh
Gear CB150R Facelift => 46:15 = 3.06

Jadi hasil perhitungan di atas CB150R Facelift memiliki gear ratio sebesar 3.06


BACA JUGA : Review Pemasangan Gear Set SSS Ukuran 15-47 428SB 130L


Kalau opini pribadi saya, jika ingin motor mendapat akselerasi yang sangar diputaran bawah untuk gear belakang sendiri cukup di perbesar 1 atau 2 mata. Dalam kasus ini untuk ukuran standar CB 150 R Facelift 15:46 diubah menjadi 15:47 atau 15:48. Semua kembali lagi ke gaya berkendara dan selera masing – masing.


Kesimpulannya

Jika mas bro mau menaikan top speed, kalian bisa mengurangi ukuran gear belakang atau memperbesar ukuran gear depan. Sebaliknya, jika mas bro mau menaikan akselerasi (Putaran Bawah), kalian bisa memperbesar gear belakang atau memperkecil ukuran gear depan.

Semoga artikel ini bermanfaat

Salam
Rider Story

0 Comments