Salah Menguras Tangki Berakibat Motor Mati

Halo mas bro kali ini saya mau share pengalaman saya dalam mengurus tangki motor saya yaitu New CB150R. Pertama saya mau cerita dulu kenapa saya mau nguras tangki bensin sendiri tanpa bawa ke bengkel.

Awal masalah ketika saya sedang berjalan menuju ke tempat kerja, ketika indikator bensin menunjukan 3 bar motor seketika seperti habis bensin. Laju motor pun tersendat sangat bahaya jika kita menyalip dan tiba-tiba motor mati hilang kompresi.

Akhirnya saya memutuskan untuk menguras tangki. Awalnya sih pede aja karena sebelumnya saya pernah menguras tangki motor tipe karburator, sedangkan cb150r injeksi jadi saya pikir "sama aja lah motor karbu dan injeksi sama sama copot tangki dan full pump terus kuras".

Setelah saya coba buka emang banyak endapan kotoran yang ada di tangki berharap ketika jalan motor udah aman dan gak sendat lagi… Singkat cerita setelah semua beres tangki sudah dipasang saya kira sudah selesai, tapi ternyata masalah baru muncul.

Ketika motor saya coba hidupkan tidak mau menyala sudah dicoba beberapa kali Off/On kontak masih belum bisa nyala, berhubung sudah agak larut rencana pagi hari saya memutuskan untuk membawa motor ke bengkel resmi dari honda.

Setelah dicek oleh mekanik ternyata fuelpumpnya bermasalah jadi bensin yg ada di tangki tidak tersedot. Dari pihak bengkel menyarankan untuk ganti fuel pump satu set dan ketika saya tanya harganya... Wow sekali 700rb untuk fuel pump satu set. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak lanjut diservice di bengkel resmi dan saya membawa ke bengkel pinggir jalan berharap bisa diperbaki.

Singkat cerita saya sudah sampai di bengkel tujuan, mekanik pun coba untuk mengecek semua mulai dari pengapian hingga kelistrikan semua normal, ketika di cek bagian fuel pump disinilah problemnya. Bensin yang ada di tangki tidak tersedot dengan sempurna inilah penyebab motor tidak menyala dan ketika bensin menunjukan 3 bar langsung tersendat.

Bengkel Pinggir Jalan Pantura

Proses copot tangki motor

Setelah membongkar fuel pump mekanik menyarankan untuk mengganti part yang namanya rotak, kebetulan di bengkelnya tidak ada untuk cb150r. Tapi, rotak ini bisa di subtitusi dengan rotak honda beat. Yap, dan ternyata sama persis jadi tinggal plug n play.




Singkat cerita motor sudah di perbaiki dan juga sekalian service ringan dan Alhamdulillah motor saya sampai sekarang aman tanpa ada masalah seperti sebelumnya. Saran saya kalo mas bro pengen kuras tangki sebaiknya dateng ke bengkel yang mas bro percaya atau ke bengkel resmi sekalian. Tapi kalau memang mau kuras sendiri mungkin pengalaman saya ini bisa jadi pelajaran jika menemui masalah yang sama.


GALERI







Salam

riderstory


0 Comments