FATAL! Jangan Asal Pasang Peninggi Prolink Custom CB150R


Hallo mas bro, di blog kali ini gue mau bahas pengalaman saya pake prolink custom untuk motor CB150R.

Oke sedikit cerita kenapa saya pengen pake prolink custom, pertama karena sebelumnya saya pernah ganti bosh prolink ori karena bunyi dan oblak. 

Tapi saya udh ganti bosh prolink ori cuma bertahan 3 bulan pemakaian udah kemakan lagi bagian bosh bambunya. Dan itu kalo ganti gak bisa satuan harus satu set dan harganya lumayan nguras kantong juga. 

Sampe akhirnya saya ganti pake prolink custom, saya juga mau ngerasain sensasi naik motor tinggi. Akhirnya saya cari lah peninggi depan sama belakang untuk motor saya CB150R

Sebelumnya saya pasang peninggi depan dulu kebetulan panjangnya 7 CM nah untuk belakang saya masih pake yang model anting atas. Tapi pengalaman pribadi saya sendiri sangat gak di rekomenin buat bonecngan, kenapa? 

Karena peninggi model ini tuh keras banget jadi prolink standar dipaksa buat neken shock kebawah jadinya gak ngayun secara maksimal. Mungkin kalo sendiri masih oke tapi ya tetep keras juga tapi emang bikin tinggi.

Nah berhubung saya sering boncengan kalo ngendarain motor, akhirnya disaranin sama temen saya buat ganti prolink custom aja. Akhirnya saya coba cari di onlineshop dan kebetulan dapet cuma harganya miring banget kisaran 100rban lah gk sampe 200rb.

Saya beli prolinknya yang warna hitam, prolink model gini ada 2 warna ya, hitam dan orange kebetulan saya beli yang warna hitam. Oh ya prolink ini pake bearing (laher) ukuran 6000 banyak juga yang jual di bengkel-bengkel.

Gak pake lama setelah barang sampe saya pasang lah dibengkel dan saya langsung test uji coba touring ke jogja plus boncengan plus full box "Gua siksa dulu nih prolink" itu yang ada didalem pikiran saya hehe

Alhamdulillah prolink gak ngalamin trouble ketika saya touring dan balik kerumah tapi saya mulai merasa aneh ketika beberapa bulan pake.

Keanehan pertama prolink berasa ambles banget pas boncegan, bahkan ketika sendiri pun pas ngelewatin jalan rusak atau polisi tidur prolink berasa empuk

Kedua pas boncengan prolink mentok serasa gak main sama sekali entah emang bebean yang berat atau dari prolinkna.


Akhirnya saya coba bongkar prolinknya dan hasilnya ya begini...



Bisa di liat kalo prolink mengalami kerusakan yang bisa dibilang cukup parah pada bagian atas dan penopang.

.

Bagian atas seperti ketarik beban dan penopang bagian lahernya hancur. Alhamdulillahnya masih sempet ke cek dan bisa diantisipasi. Gak kebayang kalo lagi touring ataupun jalan tiba tiba prolink pecah dan patah di jalan, mungkin repot banget dan bisa membayakan pengendara lain

Oke sampe disini saya bisa simpulin

Pertama, jangan tergiur harga yang murah, kenapa saya bisa bilang gitu ya bisa dibilang "ada harga ada rupa" Dan kebetulan sekarang saya beli lagi prolink custom lagi yang agak mahal sedikit dan banyak direkomendasiin sama komunitas cb150r dan banyak testimoni kalo produknya oke.

Kedua, pastiin kesiapan diri. Nah, ini penting pengalaman pribadi kalo misal ada masalah di part motor terutama yang lagi dibahas ini (prolink) kita harus tau dulu penyakitnya. Apakita bisa ganti part (bosh) atau beli part baru sekalian (prolink). Karena kalo cuma untuk gaya buang buang uang doang. Alesan saya ganti karena pertama saya gak mau ribet harus gonta ganti bosh meski pemakaiannya sebentar. Kedua untuk gantin laher sendiri biayanya lebih murah ketimbang bosh orinya. 

Mungkin segitu aja sharing saya soal prolink custom ini. Kalau kalian emang ada niat untuk ninggiin motor CB150R pake prolink custom silahkan aja. Asalkan kualitasnya bisa terjamin dan tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain disekitar. 


Salam

Rider Story


0 Comments