Review Pemakaian Oli New CB 150 R (Pakai Oli Mobil)

Hallo masbro sekalian,

Kali ini saya mau bikin artikel tentang mengenai review pemakaian oli utuk motor New Cb 150 R. Oli yang saya gunakan pertama dan sampai sekarang adalah PERTAMINA FASTRON TECHNO 10W-40 (Warna Hijau). Banyak yang bilang itu oli sesat. Kenapa? Karena itu oli untuk mobil.. Loh? Kok pake oli mobil?


Awalnya saya merasa ragu, apa akan terjadi masalah serius pada mesin, namun nyatanya oli ini cukup enak di motor loh, apa lagi untuk oli New CB 150 R SAE nya 10w-40. Well saya udah pake oli ini kurang lebih sampai 5000+ KM gak ada penurunan performance tarikan bawah enak dan jika sudah cukup lama digunakan (1 jam perjalanan) Tarikan atas lebih cepat naik speednya.


Dari segi harga tergantung wilayah. Saya beli di pom bensin daerah BSD harganya cukup mahal yaitu Rp. 97.000. Jika beli online ada variasi harga lebih murah mulai dari 60-70 ribu.


Kedua yaitu oli SHELL AX7 10W-40 (Warna Biru).


Oli kedua yang saya rekomendasikan adalah SHELL AX7 10W-40 (Warna Biru). Kenapa saya rekomendasikan ini? Karena pertama adalah SAE nya sama yaitu 10w-40. Saya pernah pernah pakai oli itu untuk motor Verza 150 thn 2013. Yang dirasa adalah performance tarikan bawahnya lebih cepat naik dan mencapai topspeed dengan cepat. Namun oli ini kalau sudah menyentuh 2000-2500 KM sudah mulai kurang enak rasanya. Pertama, mesin jadi cepat panas jika sedang bermacet ria, kedua perseneling jadi agak keras untuk naik atau turun gigi. Untuk harga oli ini lebih murah dari oli sebelumnya yaitu Rp. 45.000 tergantung lokasi dan tokonya.


Ketiga yaitu oli MPX 1 & SPX 1 10W-30.


Nah ini adalah oli standar pabrikan Honda. Oli ini sangat direkomendasikan honda untuk motor New CB 150 R. Ya... wajar sih karena kan produk Honda jadi direkomendasiin banget. Pengalaman pake kedua oli ini adalah tarikan bawah saya akui emang enak banget cuma pas tarikan atas motor berasa sedikit loyo (agak ngempos). Tapi dari segi harga kalau beli di bengkel biasa ini lebih murah kisaran Rp. 30.000,- an tergantung toko dan lokasi. Saya sendiri pernah pakai kedua oli ini namun saya ganti pas 1500 KM an karena menurut saya kurang enak aja dibawa untuk touring jauh.


Sebenarnya ada bebearapa oli lagi yang bisa gunakan namun dari segi harganya cukup mahal kalau menurut saya tapi untuk kualitas memang tak perlu ditanya karena banyak bikers pun yang merekomendasikan. Lalu oli apa saja itu?

  • MOTUL 5100 10W-40. Oli ini paling banyak direkomendasiin para bikers karena menurut pengalaman mereka menggunakan oli ini sangat enak dimesin motor. Tarikan bawah dan atas isi terus juga daya tahan pemakaian yang cukup lama bisa sampai 5000 KM. Dari segi harga memang cukup mahal kisaran 105-130 ribu tergantung toko dan lokasinya.

  • Liqui Moly 4T 10W-40. Banyak bikers juga yang merekomendasikan oli ini. Oli ini menurut user bikin mesin tidak cepet panas atau overheat. Dari segi harga juga tidak beda jauh dari Motul 5100 kisaran Rp. 115-150 ribuan tergantung toko dan lokasinya.

Mungkin segitu aja sharing pengalaman saya, semoga bisa membantu dan memberikan informasi tambahan kepada para masbro sekalian. Jangan lupa share artikel ini juga bermanfaat.


Salam
Rider Story

Follow instagram di @riderstoryadv

0 Comments